02456 2200205 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008004100059084002100100100002800121245016000149260002800309300003300337650002200370650001900392520181300411990001302224990001302237INLIS00000000002521220201008083209 a0010-1019025212ta201008 g 0 ind  aPM 146 FKIP 20180 aBENYAMIN RAVENDI DAIMOI1 aMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PENTINGNYA KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE /cBENYAMIN RAVENDI DAIMOI aJayapura :bFKIP,c2018 axiv, 54 hlm :bIls. ;c28 cm 4aHasil belajar IPS 4aMetode diskusi aABSTRAK Benyamin Ravendi Daimoi.Meningkatkan hasil belajar IPS tentang pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan metode diskusi pada siswa kelas IVb SD Negeri 2 Abepura Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil observasi siswa kelas IVb SD Negeri 2 Abepura dan informasi yang diterima dari guru kelas IVb SD Negeri 2 Abepura mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPS pada materi tentang pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan metode diskusi . Saat dilakukan pretes pada akhir pembelajaran, dari 23 siswa yang mengikuti pembelajaran ternyata hanya 17 siswa atau (3,91%) yang memenuhi KKM yang ditentukan yaitu 75 dan 6 siswa atau (1,38%) lainnya belum memenuhi KKM. Untuk itu akan dilakukan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar materi tentang pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan metode diskusi pada siswa kelas IVb SD Negeri 2 Abepura. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus, dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan metode diskusi pada siswa kelas IVb SD Negeri 2 Abepura. Hal ini terlihat dari nilai hasil tes pada setiap siklus mengalami perubahan. Nilai siswa hasil postes siklus I sebesar 3,91% dan siklus II sebesar 100%. Maka penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kata kunci : Hasil belajar IPS, pentingnya koperasi,metode diskusi a146 FKIP a146 FKIP